Menu Content/Inhalt
Home arrow Articles
Articles
Tahap Pengenalan Bilangan: Masa Kritis bagi Anak Print
Written by Alexander   
Thursday, 12 March 2009

Dasar dari proses belajar awal matematika dan angka-angka hendaknya telah dibangun sejak anak-anak berumur tiga tahun. Tentunya di sini bukan kemudian si anak harus dijejali dengan materi menghitung atau dipaksakan untuk mencongak. Tetapi lebih kepada pengenalan Simbol Angka dan Konsep Asosiasi Posisi secara dini dan tentunya dengan cara yang kongkrit serta menyenangkan bagi anak itu sendiri. Manfaatkan segala sesuatu yang ada dalam lingkungan si anak. Menghitung jumlah mainannya, jumlah tangga dalam rumahnya atau menghitung pepohonan yang ada di depan rumah adalah contoh dari kesempatan yang tidak terbatas bagi orang tua dan guru untuk merangsang pengertian anak akan angka-angka. Jika angka-angka dipelajari sebagai rutinitas sehari-hari, maka anak-anak akan mulai dapat menghitung sendiri benda-benda disekitarnya ketika dia sedang bermain.

Read more...
 
Mengapa Belajar Aritmatika dengan Metode Horisontal? Print
Written by Alexander   
Thursday, 12 March 2009

Bayangkan anda atau anak anda mampu menghitung bilangan-bilangan besar tanpa menggunakan kalkulator. Bayangkan juga bisa memeriksa kesalahan hitungan yang telah dilakukan dengan cepat tanpa harus bertanya kepada orang lain. Bisakah anda membayangkan reaksi teman-teman dan keluarga kita bila anda bisa menghitung akar pangkat dua atau atau akar pangkat tiga dengan cepat tanpa kalkulator? Akankah mereka kemudian memberikan perlakuan yang berbeda terhadap anda atau anak anda? Bagaimana pula rekasi guru, dosen, teman kerja, dan pimpinan anda?

 

Read more...
 
RINGKASAN DISKUSI DI MILIS 1 Print
Written by Administrator   
Thursday, 12 March 2009

Latar belakang metode horisontal

Metode Horisontal merupakan bentuk deduktif dari Metode sempoa, ia bukan sekedar rumus atau formula untuk mempercepat perhitungan tetapi merupakan cara berpikir (the way of thinking). Secara umum konsep yang mendasari baik Metode Horisontal dan Metode Sempoa adalah sama yaitu konsep asosiasi posisi. Di dalam metode Sempoa, konsep asosiasi posisi ini dipelajari secara tidak langsung dengan menggunakan media sempoa (abacus) secara berulang-ulang sehingga dapat disebut logika induktif. Dalam Metode Horisontal,

 

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 Next > End >>

Results 79 - 91 of 97