Menu Content/Inhalt
Home arrow Articles arrow MENGAPA MEMILIH METRIS?
MENGAPA MEMILIH METRIS? Print E-mail
Written by sig   
Friday, 10 January 2014
New Page 1

Dalam pembelajaran metode hitung, tentu saja sebagai guru atau orang tua, kita akan bertanya  metode hitung yang mana yang perlu dipelajari oleh para siswa yunior? Hal ini bisa dimaklumi karena pada kenyataannya, sebenarnya saat ini selain metode hitung konvensional (vertikal) yang telah lama eksis ada juga metode hitung horisontal (metris) yang masih baru. Nah, dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata metode hitung horisontal menunjukkan hasil lebih bagus bila dibandingkan dengan metode konvensional. Mengapa hal ini bisa terjadi? Untuk menjelaskan maka di bawah ini akan dipaparkan beberapa hasil analisanya.

Metris Lebih Mudah:

Karena setiap langkah dalam perhitungan mampu dipaparkan secara detail dengan menggunakan notasi pagar metris. Cara ini sangat membantu para siswa yunior dalam memahami aritmetika dasar. Selain itu pemaparan dan penulisan proses hitung secara detail mengurangi penggunaan daya ingat siswa, hal ini menyebabkan siswa tidak cepat lelah sehingga membuat daya tahan dalam belajar berhitung lebih meningkat.

Metris Lebih Checkability:

Karena  untuk melakukan pengecekan ulang dalam perhitungan, misal penjumlahan atau pengurangan, tidak perlu dimulai dari nilai angka yang kecil lalu merambat nilai angka yang besar.  Dengan adanya penggunaan notasi pagar metris maka pengecekan hasil perhitungan lebih bebas karena dapat dimulai dari nilai angka manapun.  Kebebasan dalam pengecekan ini menyebabkan metris lebih tidak membosankan dibandingkan cara konvensional yang harus selalu dimulai dari urutan angka satuan.

Metris Lebih Cepat:

Karena dengan menggunakan pola horisontal (portal) metris maka eksekusi bilangan yang mempunyai pola tertentu mampu dihitung lebih efektif sehingga langkah perhitungan menjadi semakin pendek menyebabkan hasil perhitungan diperoleh lebih cepat.

Metris Terbaik:

Karena melalui notasi pagarnya, mampu menyatukan semua cara hitung berpola yang ada di dunia saat ini ke dalam pola horisontal (portal) metris. Hasil akuisisi tersebut juga membawa manfaat pemahaman nilai variabel angka yang lebih umum dibandingkan sebelumnya tanpa penggunaan notasi pagar. Perlu diketahui bahwa pengertian notasi pagar metris |,||,... adalah  ’kotak’ yang berisi tepat 1,2,...  angka, dimana bila lebih sisanya dipindah ke ’kotak’ sebelah kiri dan dijumlahkan, namun bila kurang tambahkan nol dalam ’kotak’ tersebut tanpa mengubah nilai.

Sebagai pendidik, kita selalu berharap bahwa para siswa yunior yang baru belajar perhitungan dasar nantinya tidak menjadi phobia terhadap angka namun justru sebaliknya makin mencintai angka dan matematika yang merupakan pintu gerbang ilmu dalam memahami ilmu pengetahuan lainnya.  Penulis berkeyakinan pendidikan aritmetika dan matematika di Indonesia kelak mampu mengejar ketertinggalan bahkan menjadi lebih unggul daripada bangsa lain.

 

Penulis : Stephanus Ivan Goenawan

Penemu Metris

Last Updated ( Friday, 10 January 2014 )
 
< Prev   Next >