Menu Content/Inhalt
Home arrow FAQs arrow Apa itu Logika Deduktif?
Apa itu Logika Deduktif? Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 12 March 2009

Q: Apa keunggulan METODE HORISONTAL dibandingkan Metode SEMPOA pada umumnya?


A: Secara umum kelebihan sistem belajar Metode Horisontal dapat dilihat dalam "Artikel perbandingan antara Metode Horisontal dan Metode Sempoa" [Di bagian Menu Artikel]. Jika diringkas maka ada dua kelebihan yaitu PERTAMA, dalam Metode Horisontal, setiap anak mendapatkan program belajar yang disesuaikan dengan pelajaran yang diterimanya di Sekolahnya masing-masing. Walaupun tujuan dari Metode Horisontal adalah agar siswa dapat mencapai Tahap Perhitungan Mental (seperti Metode Sempoa), mereka akan tetap dapat MENJELASKAN langkah-langkah yang diambilnya dalam proses perhitungan karena Metode Horisontal menggunakan Simbol Matematika seperti yang digunakan di sekolah umumnya. KEDUA Metode Horisontal selain mengajarkan tahap Perhitungan Mental, juga selanjutnya mengajarkan Tahap Kreatifitas, yaitu tahap dimana siswa dididik untuk mengenal pola keteraturan yang ada dalam bilangan sehingga mereka dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan Matematika dengan baik.
 

Q: Apa yang dimaksud dengan METODE HORISONTAL menggunakan Logika Deduktif sedangkan Metode Sempoa menggunakan Logika Induktif?


A: Secara umum konsep yang mendasari baik Metode Horisontal dan Metode Sempoa adalah sama yaitu KONSEP ASOSIASI POSISI. Di dalam metode Sempoa, konsep asosiasi posisi ini dipelajari secara tidak langsung dengan menggunakan media sempoa (abacus) secara berulang-ulang sehingga dapat disebut logika induktif. Dalam Metode Horisontal, konsep asosiasi posisi ini dipelajari secara langsung dengan mengenalkan konsep asosiasi posisi dengan Notasi Pagar kepada para siswanya. Metode penyampaian Notasi Pagar ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan anaknya, dapat dengan berbagai media permainan untuk anak-anak yang masih kecil atau langsung menggunakan konsep matematika untuk mereka yang sudah cukup dewasa.
 

Q: Apa kekurangan Logika Induktif dibandingkan Logika Deduktif dalam bidang aritmatika?


A: Kelemahan utama aritmatika yang menggunakan logika induktif bukan terletak pada kebenaran dari hasilnya atau kecepatan dalam menghitung tetapi terdapat pada PROSES nya. Dengan menggunakan logika induktif, siswa tidak akan dapat menjelaskan proses perhitungan yang ia lakukan terhadap orang lain terutama gurunya, karena jenis logika ini tidak menggunakan simbol matematika yang diformalkan. Sedangkan dalam logika deduktif, konsep yang paling penting dari aritmatika yaitu konsep asosiasi posisi telah diformalkan dalam suatu simbol matematika, yaitu sebagai notasi pagar. Kelebihan lain dari logika deduksi adalah memungkinkan dikembangkannya formula-formula baru yang konsisten dengan konsep asosiasi posisi dalam bidang aritmatika.
 

Q: Mengapa METODE HORISONTAL dikatakan SELALU dapat dikembangkan lebih lanjut?


A: Metode Horisontal didasarkan pada konsep matematika murni, yang bersifat deduktif sehingga siapa saja dapat mengembangkan Metode Horisontal asalkan menguasai konsep dasar dari Metode Horisontal yaitu konsep Notasi Pagar dan menguasai logika matematika dengan baik. Dalam tingkat-tingkat advance pada Metode Horisontal, para siswa diperkenalkan cara mengembangkan formula horisontal secara mandiri sebagai jalan untuk melatih kreatifitas mereka sejak dini.
 

 
< Prev   Next >