Menu Content/Inhalt
Home arrow FAQs arrow Apa gunanya Pengulangan dan PR?
Apa gunanya Pengulangan dan PR? Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 12 March 2009

Q: Di METODE HORISONTAL, mengapa anak harus mengulang bagian yang sama beberapa kali?


A: Di Metode Horisontal, seringkali anak harus mengulang bagian yang sama, meskipun dapat memperoleh nilai sempurna dalam sekali pengerjaan. Untuk memperoleh nilai sempurna ini, ada anak yang memerlukan waktu yang lama, ada yang sedang-sedang saja, dan ada pula yang dapat menyelesaikannya dalam waktu yang singkat. Perbedaan ini akan muncul saat pelajaran anak maju ke level yang lebih tinggi. Bila anak dapat menyelesaikan soal-soal tetapi memerlukan waktu yang lama, maka kemungkinan besar ia akan menemui kesulitan di level-level selanjutnya.
Di Metode Horisontal, anak diharapkan selalu berada pada kondisi di mana ia dapat mengerjakan pelajarannya dengan lancar dan tidak terbebani. Pengulangan diberikan sebagai Proses Mekanisasi, untuk membentuk kemampuan agar anak tidak menemui kesulitan pada level selanjutnya.
 

Q: Di METODE HORISONTAL, mengapa anak kadang-kadang harus membuat PR setiap minggu?


A: Dalam Metode Horisontal, PR berfungsi melatih anak menguasai pelajaran-pelajaran yang diterimanya sehingga kemampuannya terbentuk dengan baik. Selain itu, PR juga melatih daya konsentrasi serta membentuk sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Sebenarnya tidak semua anak diharuskan untuk mengerjakan PR, hanya mereka yang benar-benar dinilai memerlukan harus mengerjakannya untuk mencapai taraf penguasaan ilmu yang telah ditetapkan.

Dengan mengerjakan PR, anak akan dapat mengingat kembali materi pelajaran yang yang telah diterimanya, sehingga kemampuannya dapat terbentuk dengan baik. Bila tidak, anak cenderung lupa dengan materi sebelumnya, dan untuk mengingatnya kembali diperlukan usaha yang tidak kecil. Ini membuat anak terbeban dan tidak bersemangat belajar. Jadi, PR yang dikerjakan sedikit demi sedikit merupakan bagian dari proses Mekanisasi untuk membentuk kemampuan aritmatika yang luar biasa


 

 
< Prev   Next >