Menu Content/Inhalt
Home arrow Articles arrow Tahap Pengenalan Bilangan: Masa Kritis bagi Anak
Tahap Pengenalan Bilangan: Masa Kritis bagi Anak Print E-mail
Written by Alexander   
Thursday, 12 March 2009

Dasar dari proses belajar awal matematika dan angka-angka hendaknya telah dibangun sejak anak-anak berumur tiga tahun. Tentunya di sini bukan kemudian si anak harus dijejali dengan materi menghitung atau dipaksakan untuk mencongak. Tetapi lebih kepada pengenalan Simbol Angka dan Konsep Asosiasi Posisi secara dini dan tentunya dengan cara yang kongkrit serta menyenangkan bagi anak itu sendiri. Manfaatkan segala sesuatu yang ada dalam lingkungan si anak. Menghitung jumlah mainannya, jumlah tangga dalam rumahnya atau menghitung pepohonan yang ada di depan rumah adalah contoh dari kesempatan yang tidak terbatas bagi orang tua dan guru untuk merangsang pengertian anak akan angka-angka. Jika angka-angka dipelajari sebagai rutinitas sehari-hari, maka anak-anak akan mulai dapat menghitung sendiri benda-benda disekitarnya ketika dia sedang bermain.

Yang perlu ditekankan pada tahap pengenalan ini, janganlah mengajarkan sesuatu yang bersifat abstrak seperti simbol angka, karena hal ini sukar untuk dipahami oleh anak-anak tersebut. Tetapi mulailah dari hal-hal yang bersifat kongkrit dan menggunakan kata-kata alih-alih menggunakan simbol Angka untuk mengenalkan konsep bilangan tersebut. Gunakan segala sesuatu yang disenangi anak-anak sebagai kunci dalam proses mengajarnya. Baru kemudian setelah anak secara intuitif memahami apa yang sedang dikerjakannya, mulai diperkenalkan dengan simbol Angka satu per satu. Sebenarnya angka-angka bertebaran disekitar kita: waktu uang, ukuran, umur, tanggal, irisan kue dan jumlah buah-buahan. Orang tua dapat selalu mengingatkan waktu kapan si anak dapat menonton acara favoritnya, sambil menunjukkan angka-angka yang ada pada jam. Juga mulai ajarkan arti Ulang Tahun yang sebenarnya sehingga ketika mulai mendekati hari-hari ulang tahun yang sangat diharapkannya, anak akan diam-diam mulai menghitungnya.   

Selanjutnya sekitar umur lima tahun, minat anak terhadap angka akan tumbuh sangat besar secara alamiah bila sejak kecil telah d